Pages

BeatMaster Radio

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Jan 12, 2009

Eksotik, Trend Wedding 2009

BERENCANA menikah pada tahun 2009?
Bila ya, maka pernikahan eksotik bisa menjadi pilihan Anda. Tren inilah yang ditawarkan di seluruh dunia dan diinterpretasikan dalam beragam nuansa.

Eksotik memiliki berbagai artian, tetapi kerap diidentikkan dengan sesuatu yang unik, tidak biasa. Nuansa seperti itulah yang menjadi acuan tren wedding internasional 2009. Jangan dulu berpikir mengadakan pernikahan di tengah hutan ala Tarzan dan Jane. Pernikahan eksotik di sini justru berhubungan dengan segala sesuatu yang kontemporer, tetapi dikombinasikan secara berbeda sehingga menghasilkan gaya baru.

Nina Callaway, pengasuh rubrik wedding di situs www.about.com, mengungkapkan, tren pernikahan eksotik ini sebenarnya sudah terlihat sejak 2 tahun lalu. Hanya, belum terbentuk secara konseptual. "Masyarakat urban menginginkan sesuatu yang berbeda, terutama saat mengadakan pesta pernikahan. Mereka ingin hal-hal yang selalu dikenang. Itulah yang menjadi dasar terbentuknya tren ini," tulisnya.

Lebih lanjut, Callaway mengatakan, perwujudan pernikahan eksotis bisa bervariasi. Misalnya pemilihan warna keseluruhan, gaun pengantin, atau justru dekorasi pernikahan. "Mereka tidak ingin lagi mengadakan pesta glamor. Simpel tapi penuh makna adalah pilihan yang dianggap tepat saat ini," sebut Callaway.

Hal itu terwujud dari pengadaan pesta sederhana. Instalasi seni bertabur bunga dianggap pemborosan. Sebaliknya, penempatan rangkaian bunga beserta lilin di meja-meja tamu dan di tempat-tempat tertentu menjadi sesuatu yang romantis, sekaligus intim. Begitu juga dengan wedding cake yang didesain cantik tapi tidak berlebihan.

"Sederhana tapi spesial adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan sebuah pernikahan eksotik," katanya.

Lalu bagaimana merumuskan sebuah pernikahan eksotik? Bagaimanapun, pernikahan merupakan sebuah perhelatan besar yang harus dirumuskan jauh-jauh hari. Ada banyak hal kecil yang harus menjadi perhatian, selain hal-hal besar yang merupakan fokus utama.

Callaway mengatakan, langkah pertama dimulai dengan menentukan tanggal. Selanjutnya, pasangan harus bisa membagi tugas "kepanitiaan", tentang seberapa detail pesta pernikahan harus dilaksanakan. "Membuat jurnal adalah langkah selanjutnya bagi pasangan yang ingin merumuskan pesta pernikahannya sendiri. Jurnal itu akan menjadi bonus pada masa depan, bahkan bisa menjadi warisan manis bagi anak-cucu," tutur Callaway.

Cara yang lebih kontemporer adalah membuat jurnal elektronik di sebuah website. Hal ini sebenarnya sudah banyak dilakukan sepanjang 2008. Dengan adanya jurnal elektronik ini, kerabat dan sahabat bisa memantau sejauh mana persiapan pernikahan telah dilakukan. Mereka juga bisa memberi masukan secara langsung, sebaliknya pasangan dapat mengumumkan bantuan apa yang mereka butuhkan. Praktis dan lebih ekonomis tentunya.

Layaknya jurnal pernikahan, website ini juga bisa memuat perjalanan Anda sebelum menikah. Cerita saat pertama kali bertemu, berpacaran, hingga akhirnya memutuskan menikah. Demikian pula dengan foto-foto Anda beserta pasangan. Psst, jurnal semacam ini juga bisa menjadi sumber pemasukan bila ternyata traffic-nya cukup padat. Anda bisa bekerja sama dengan produsen untuk beriklan di situs pernikahan Anda.

Merumuskan pernikahan pada awal tahun bisa jadi perjuangan berat. Terutama berkaitan dengan penyewaan gedung atau hotel. Alternatifnya, selenggarakan pesta kebun. Lebih kecil memang, tapi lingkupnya yang terbatas justru membuat pesta Anda lebih bersifat kekeluargaan. Anda pun tidak perlu menjadi "pajangan" selama berjam-jam. Di pesta kebun, pasangan bisa lebih santai dan berkumpul bersama tamu. Hanya, sebelumnya pastikan dulu jumlah tamu dan luasan kebun. Jangan sampai pesta yang seharusnya kasual menjadi tidak terkendali akibat tamu yang membeludak.

Hal ini juga berlaku untuk makanan. Untuk pesta kasual, pilih menu yang simpel tapi mengenyangkan. Daripada menaruh meja prasmanan panjang, lebih baik menyediakan beragam booth "jajanan", di mana tamu bisa bergerilya mencari makanan yang mereka sukai.

Lokasi cek, katering cek, lalu bagaimana dengan dekorasi? Pesta pernikahan eksotik tentunya membutuhkan tata dekorasi yang tidak biasa. Coba Anda diskusikan dengan pihak penata dekorasi serta gedung. Bila mereka memberi keleluasaan, Anda bisa bebas berkreasi. Keluarkan ide dalam kepala dan bersenang-senanglah dengan fantasi dan imajinasi Anda semenjak kecil dulu.

Apakah Anda menginginkan fairy tale wedding ala Putri Salju dan Cinderella? Atau Anda justru ingin melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda? Pilihan di tangan Anda, tapi sebelumnya diskusikan dulu dengan pasangan dan keluarga.


Okezone



Yuwie - Get Friends

Jaringan BLoGGer


0 comments: