Pages

BeatMaster Radio

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Dec 3, 2007

Aneh, Hujan Malam Hari di Jakarta, Kok Langitnya Merah

Hujan sedang mengguyur Jakarta malam ini. Namun sebagian warga Petamburan Jakarta Pusat melihat ada langit berpendar merah di antara pekatnya mendung. Warga heran dengan fenomena alam ini.

Warga Petamburan melihat langit merah ini searah dengan Menara BNI atau ke arah selatan Jakarta. Langit aneh ini terlihat Senin (3/12/2007) sejak pukul 20.00 WIB dan masih terlihat sampai pukul 22.00 WIB.

"Dari jam 20.00 kok langit seperti magrib? Apa magrib menjadi panjang?" ujar Riska, warga Rusun Petamburan, Jl Administrasi Negara, Jakarta Pusat, saat dihubungi detikcom.

Warga pun banyak yang mencoba memotret langit aneh ini dengan kamera ponsel. Di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan, langit ini juga terlihat.
"Langitnya abu-abu kemerahan. Kok seperti subuh ya?" ujar Rini kepada detikcom.Dia sempat panik dan menelepon saudaranya di Tangerang. Mereka juga melihat langit yang serupa




Langit Jakarta menyemburat merah justru saat malam semakin larut. Pakar astronomi menilai hal ini bukan akibat dari cahaya di luar Bumi.

"Tidak ada sumber cahaya lain, kemungkinan dari lokal Bumi kita," ujar Kepala Planetarium Boscha Moedji Raharto saat dihubungi detikcom, Senin (3/12/2007).

Moedji memang sedang berada di Jakarta. Dia mengakui semburat merah langit Jakarta memang sangat terang.

"Matahari nggak mungkin kasih sinar. Sekarang juga tanggal akhir untuk Bulan cuma muncul pagi hari. Bintang nggak mungkin, karena tertutup awan," ujarnya menganalisa.

Hujan yang mengguyur Jakarta menjadi faktor penentu. "Kemungkinan yang paling masuk akal adalah air hujan yang sedang turun membiaskan cahaya lampu Jakarta lebih banyak ke langit," pungkasnya.

Source: Detikcom

1 comments:

Anonymous said...

dibandung semalam ujan tapi ga merah mas..